SISTEM POLITIK DEMOKRASI YANG DI ANUT INDONESIA

Sistem politik yang di anut di Indonesia adalah demokrasi pancasila. Karna demokrasi pancasila memelihara keseimbangan antara konflik dan konsensus yng memungkinkan perbedaan pendapat, persaingan, dan pertentangan antar individu dengan inividu lain, individu dengan pemerintah, dan individu dengan berkelompok.
Sistem politik demokrasi adalah sistem yang memberikan dan menyediakan mekanisme yang mengatur konflik sampai pada titik penyelesaian yang bersepakatan. Segala kebijakan pemerintah diharuskan berdasarkan keputusan musyawarah atau bersama yang dilakukan secara arif dan bijaksana dan sesuai dengan jiwa pancasila. Dengan demikian, dalam musyawarah harus dapat menampung perbedaan pendapat antara satu sama lain masyarakat.
Bentuk partisipasi rakyat pada politik dalam sistem pemerintahan demokrasi merupakan terpilihnya perrwakilan rakyat pada lembaga – lembaga DPR, DPRD, dan DPD yang dipilih langsung oleh rakyat melalui  pemilihan umum yang dilaksanakan secara jujur, adil, dan transparan pada pemungutan hasilya.
Bentuk perwujudan hak dan wewenang warga Indonesia dalam demokrasi pancasila ialah, menjadi anggota atau pengurus organisasi masyarakat yang sesuai dengan pasal 28 UUD 1945 kemudian ikut aktif dalam kegiatan koperasi dan kegiatan ekonomi sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 dan juga memperoleh penidikan dan ikut menangani serta mengembangkan pendidikan sesuai dengan pasal 31 UUD 1945.  
 

6 komentar:

  1. Indonesia Milik Allah, sudah seharusnyalah menggunakan hukum Allah yaitu syariat islam dalam naungan daulah khilafah islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah artinya Tuhan dan tidak seharusnya kita sebagai negara yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama, mensentralisasikan semua kepada satu ajaran saja. Alhamdulillah saya seorang muslim namun saya tidak setuju jika anda mengatakan sebuah keharusan untuk menggunakan syariat islam untuk mengayomi berbagai macam orang dengan latar belakang yang tidak hanya dari islam saja.

      Hapus
    2. suka tidak suka, mau tidak mau, rela tidak rela, daulah islam pasti akan berdiri dan menyatukan seluruh ummat muslim...

      Hapus

  2. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan Blackjack Nomor Satu di Indonesia WWW.AGENPOKER.COM Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus

About

Universitas Gunadarma


Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Ihsan AREA

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger