HASIL BUDAYA BERTANGGUNG JAWAB YANG DITERAPKAN PADA ANAK


Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya”, pepatah tersebut memiliki makna yaitu tingkah laku anak tidak akan berbeda jauh dengan tingkah laku orang tuanya. Seorang anak akan belajar dari apa yang dia lihat dan akan menjadikannya sebagai sifatnya sendiri nantinya, orang tua sebagai orang yang telah melahirkannya dan sebagai lingkungan yang sering berada didekatnya secara otomatis maka si anak akan menjadikan orang tuanya tersebut sebagai acuan atau patokan untuknya. Sehingga ia akan menirukan tingkah laku atau pun sifat dari orang tuanya itu, jika orang tua tersebut memiliki jiwa atau sifat yang baik maka anak dari orang tua tersebut akan menirunya. Demikian pula sebaliknya.

Selain menanamkan sifat yang baik-baik pada anak, anak juga perlu di tanamkan sifat bertanggung jawab. Semua proses pembelajaran pada anak tersebut harus dimulai dari kecil sehingga anak tersebut akan menjadi anak anak yang berkualitas untuk melanjutkan kehidupan manusia dan kehidupan berbangsa selanjutnya.

Anak anak kecil sudah mulai berani berbohong, kemudian ketika mereka sekolah mereka membolos,menyontek,tawuran,dan sebagainya, bahkan ketika ia sudah bekerja mungkin ia akan melakukan KKN atau korupsi.

Nyatanya masih banyak anak-anak yang memiliki moral dan tingkah laku yang buruk saat ini. Semua itu berasal dari pembelajaran yang  salah dari orang tua mereka disaat mereka kecil. Sehingga anak itu beranjak dewasa dan sudah sulit untuk merubah tingkah laku buruknya itu. 

Maka menanam sifat bertanggung jawab dan sifat sifat lainnya pada anak dari kecil sangatlah penting guna mencetak generasi atau anak anak muda selanjutnya yang berkualitas yang akan melanjutkan kehidupan kedepannya demi menciptakan kualitas bangsa yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Universitas Gunadarma


Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Ihsan AREA

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger