Wayang Aswatama


ASWATAMA

Ksatria yang memiliki sejumlah nama panggilan yaitu Droniyana, Acaryanandana, Acaryaputra, Aksara Dewanagari ini adalah anak dari seorang mahaguru yaitu Bhagawan Drona alias Resi Drona dengan ibu yang bernama Dewi Kripi adik dari Krepa yang berasal dari negara Hastina pura. Aswatama merupakan anak tunggal karna ayaah dan ibuunya hanya memiliki satu putra, sehingga ia sangat disayang.
     Ksatria tersebut memiliki latarbelakang pendidikan ilmu olah keprajuritan bersama Korawa dan Pandawa. Mereka kekuatanya hampir setara dengan Arjuna terutama dalam ilmu memanah. Ksatria Aswatama memiliki pusaka yang sangat sakti berupa panah bernama panah Cundamanik.
     Kisah dari wayang ksatria ini memiliki banyak versi yang tidak tahu yang mana yang sebenarnya namun menurut salah satu kisah diantaranya kisah ksatria ini dimulai ketika perang yang bernama Bharatayuddha berakhir dimana ketika itu ayahnya mati sehingga Aswatama menyimpan dendam kepada padawa.
     Aswatama ingin membalaskan dendamnya dengan menyelundup kedalam perkemahan pandawa dan membunuh Dewi Srikandi, Banowati, Drestajumena dan Pancawala (putra Dewi Drupadi dan Puntadewa). Setelah pembunuhan yang dilakukan aswatama membuat pandawa geram dan memerintahkan untuk memburu Aswatama. Kematian ksatria Aswatama ini lah yang memiliki banyak versi dan membuat kesimpangsiuran.
      Dari kisah wayang ksatria Aswatama tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ia memiliki sifat kesatria banyak akal, tetapi kurang berjiwa ksatria, dan lebih suka memukul dari belakang namun sifat tersebut memiliki alasan karena seorang Aswatama itu sendiri tidak akan mampu melawan pasukan pandawa dengan sendirian namun ia dengan beraninya melawan pandawa menggunakan taktik sembunyi sembunyi sehingga dapat dikatakan Aswatama itu bersifat Pemberani dan berksatriaan.
     Kisah dan sifat tokoh wayang Aswatama ini dikatakan sama seperti Jendral  besar Soedirman yang melakukan perang gerilya atau perang secara sembunyi-sembunyi.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Universitas Gunadarma


Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Ihsan AREA

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger