Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneur)

Pengertian dan Karakteristik Social Entrepreneur
Berikut ini merupakan sejumlah pengertian dari Social Entrepreneur menurut para ahli.
           
Eduardo Morato, Ketua Asian Institute Management (AIM) pada tahun 1980-an, yang memperkenalkan social entrepreneurship dengan definisinya sebagai berikut :
Wirausaha sosial merupakan orang atau lembaga inovatif yang
memajukan penciptaan dan penyelenggaraan usaha yang
berhasil bagi mereka yang membutuhkan.

Wirausaha sosial berbeda dengan usaha yang lazim atau usaha
niaga dengan satu ciri utama, yakni menaruh kepedulian pada
upaya membantu kesejahteraan pihak lain dari pada
kesejahteraan diri sendiri.

Menurut Yayasan Schwab (2008), sebuah yayasan yang bergerak untuk
mendorong aktivitas social entrepreneurship menyatakan bahwa :

para social entrepreneur menciptakan dan memimpin organisasi,
untuk menghasilkan laba ataupun tidak, yang ditujukan sebagai
katalisator perubahan sosial dalam tataran sistem melalui gagasan
baru, produk, jasa, metodologi, dan perubahan sikap.

Karakteristik yang dimiliki social entrepreneur (Borstein, 2006, 1-4)
1.  Orang-orang yang mempunyai visi untuk memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan sebagai pembaharu masyarakat dengan gagasan-gagasan  yang sangat kuat untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat.
2.    Umumnya bukan orang terkenal, misal : dokter, pengacara, insinyur, konsultan manajemen, pekerja sosial, guru dan wartawan.
3.  Orang-orang yang memiliki daya transformatif, yakni orang-orang dengan gagasan baru dalam menghadapi masalah besar, yang tak kenal lelah dalam mewujudkan misinya, menyukai tantangan, punya daya tahan tinggi, orang-orang yang sungguh-sungguh tidak mengenal kata menyerah hingga mereka berhasil menyebarkan gagasannya sejauh mereka mampu
4.     Orang yang mampu mengubah daya kinerja masyarakat dengan cara terus memperbaiki, memperkuat, dan memperluas cita-cita
5.  Orang yang memajukan perubahan sistemik : bagaimana mereka mengubah pola perilaku dan pemahaman
6.      Pemecah masalah paling kreatif.
7.      Mampu menjangkau jauh lebih banyak orang dengan uang atau sumber daya yang jauh lebih sedikit, dengan keberanian mengambil resiko sehingga mereka harus sangat inovatif dalam mengajukan pemecahan masalah
8.      Mampu menjangkau jauh lebih banyak orang dengan uang atau sumber daya yang jauh lebih sedikit, dengan keberanian mengambil resiko sehingga mereka harus sangat inovatif dalam mengajukan pemecahan masalah
9.    Mereka melampaui format-format lama (struktur mapan) dan terdorong untuk menemukan bentuk-bentuk baru organisasi

1.      Mereka lebih bebas dan independen, lebih efektif dan memilih keterlibatan yang lebih produktif  
y
(bersumber dari:
http://staff.ui.ac.id/system/files/users/rachma.fitriati61/material/presentasisocialentrepreneurshiprachmafisipui.pdf

Entrepreneur



Pengusaha Laundry
Laundry merupakan usaha penyedia jasa pencucian baju, celana, seprei, gorden,dll. Peluang usaha laundry muncul karena banyak orang yang tidak sempat untuk mencuci baju nya sendiri karena segala kesibukan aktifitas nya. Peluang tersebut juga berasal dari kemalasan untuk mencuci pakaian nya sendiri. Dalam 1 hari seseorang dapat menggunakan 2 sampai 3 stel pakaian bahkan ada yang lebih dari 3 stel pakaian dalam sehari. Hal-hal tersebut membuat peluang usaha bisnis laundry sangat menggiurkan dapat menghasilkan keuntungan yang besar. 
 Gambar 1 Prima Laundry Tangerang
                Proses-proses yang dilakukan dalam laundry ini adalah dimulai dari proses pencucian dimana baju dibersihkan dengan air dan deterjen, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan mengeringkan pakaian tersebut dan yang terakhir yaitu proses setrika dan dilipat. Usaha laundry ini tidak terlepas dari bantuan teknologi yang semakin majunya teknologi mesin cuci yang dapat digunakan secara otomatis tanpa ada proses pengerjaan manual. Karena teknologi yang digunakan hanya sedikit pengerjaan manual maka pekerja yang dibutuhkan tidak banyak. Mesin cuci otomatis banyak jenis yang membedakannya ialah kapasitas atau daya tampung cucian yang dikerjakannya dalam 1 kali pencucian. Pada proses pengeringan laundry sebenearnya dapat dilakukan mengandalkan sinar matahari. Pengeringan dengan sinar matahari memang tidak membutuhkan biaya besar namun membutuhkan waktu yang lama hingga baju tersebut benar-benar kering. Seringkali jika baju tidak benar-benar kering menimbulkan bau tidak sedap paka pakaian yang dicuci. Selain itu faktor cuaca hujan juga menghambat proses pengeringan tersebut. Maka dari itu untuk proses pengeringan membutuhkan mesin pengering yang dapat mengeringkan pakaian hingga 100%. Mesin tersebut sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai jenis diantaranya mesin pengering dengan sumber daya gas maupun listrik. Proses selanjutnya adalah penyetrikaaan. Pada proses ini biasanya pengusaha menggunakan jenis strika uap karena proses pengerjaan nya dengan setrika uap memberikan hasil yang optimal tanpa ada kusut atau lecek pada pakaian. Setelah disetrika pakaian tersebut di lipat dan dibungkus.
Gambar 2.
(sumber gambar 2: mekarlaundry.blogspot.com)
                Konsumen laundry tentunya menuntut kualitas dari jasa penyedia laundry dengan hasil yang bersih, wangi, dan rapih. Biasanya laundry memberikan berbagai jenis wewangian kepada konsumen utnuk memilih jenis wangi apa yang di inginkan tentunya dengan memberikan tester wewangian tersebut. Jenis wewangian juga memiliki banyak jenis yaitu bisa berupa softener yang digunakannya dan parfume yang disemprotkan pada pakaian ketika proses setrika dan pembungkusan.
                Kalo berbicara keuntungan berarti ada harga jual yang ditentukan agar usaha ini mendapat untung. Harga per 1 kilo pakaian bervarian tergantung daerah laundry itu berada. Misalnya, harga laundry per 1 kilo didaerah lingkungan kampus perumahan sederhana yaitu Rp 5000 sampai Rp 6000. Untuk laundry didaerah perumahan elit harga nya  bisa mencapai Rp 7000 sampai dengan Rp 9000 per kilonya. Harga-harga tersebut merupakan harga untuk jasa pencucian baju untuk berat 1 kilo dengan durasi pengerjaan selama 3 hari. Namun para pengusaha laundry banyak yang membuat strategi untuk mendapat untung lebih dengan memberikan jenis-jenis paket laundry dengan durasi pengerjaan yang lebih cepat atau biasa disebut paket laundry kilat. Paket ini biasanya memberikan jasa laundry yang cepat dengan durasi pengerjaan 1 sampai 2 hari bahkan ada juga yang memberikan pelayanan laundry bisa ditunggu dalam hitungan jam. Paket kilat disini tentunya memiliki harga yang lebih mahal tergantung dari laundry yang menyediakannya. Tidak hanya paket kilat usaha laundry juga banyak yang memberikan jasa antar jemput. Jasa antar jemput disini ialah cucian yang akan di laundry dijemput kerumah konsumen dan setelah selesai diantarkan kembali tentunya ada biaya tambahan untuk jenis pelayanan ini.
               tulisan ini saya buat berdasarkan pengamatan dan tanya jawab kepada pengusaha laundry secara langsung yaitu Ibu Nurmawati pemilik dari Prima Laundry yang berlokasi di perumahan Binong Permai Blok C9 no 5 Tangerang. 

About

Universitas Gunadarma


Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Ihsan AREA

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger